10 Contoh Soal AKMI Madrasah Kelas 5 & 8

Contoh Soal AKMI Madrasah – Peranan pemerintah dalam memperbaiki mutu pendidikan memang memiliki banyak ragam dan cara, salah satunya melalau Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia ( AKMI ). Hampir setiap tahunnya Kementrian Agama Republik Indonesia mengadakan AKMI.

Adanya kegiatannya ini maka tentu pihak madrasah harus mempersiapkan kegiatan tersebut, mulai mempersiapkan peserta didik serta melatih kemampuan peserta didik. Sebagai contoh adalah memberikan peserta didik contoh soal AKMI madrasah.

Dengan seringnya melatih kemampuan siswa dalam belajar mengerjakan contoh soal AKMI, nantinya siswa akan terbiasa dengan materi-materi yang di ujikan. Tentunya hal ini menjadi sangat positif, dalam membuat nilai semester menjadi lebih baik.

Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) di selenggarakan guna mengajak guru untuk membuka lembar paradigma dalam penguatan pengajaran yang berfokus pada peningkatan kemampuan berpikir. Sebelum membahas tentang contoh soal AKMI madrasah, kita dalami terlebuh dahulu apa itu AKMI.

Apa Itu Soal AKMI

Apa Itu Soal AKMI ?

Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) adalah bentuk evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama untuk mengukur kompetensi peserta didik madrasah dalam hal Literasi Membaca, Literasi Sosial Budaya , Literasi Numerasi, dan Literasi Sains serta survei karakter . Hasil asesmen tersebut dapat digunakan madrasah untuk memperbaiki pendidikan yang dibutuhkan peserta didik untuk menyusun suatu rancangan pembelajaran.

Apa Saja Yang Ada Dalam Soal-Soal AKMI Madrasah?

Selain itu di adakannya AKMI Madrasah juga menjadi ajang untuk meningkatkan kemambpaun siswa madrasah dalam kemampuan peningkatan kemampuan berpikir dalam literasi membaca, numerasi, sains, dan sosial budaya di semua jenjang sehingga menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan lebih tinggi.

Mengasah keterampilan juga literasi dapat meningkatkan nilai kejujuran dalam mengungkapkan sebuah analisis, serta disiplin dalam mengelola serta menyelesaikan permasalahan dengan cerdas dan apik. Berikut pengertian asesmen tersebut.

1. Literasi Membaca

Literasi membaca merupakan kemampuan yang perlu dimiliki seorang siswa dalam memahami, menggunakan dan merefleksikan bacaan tertulis untuk mencapai tujuan sesuai keperluan mengembangkan pengetahuan dan potensi serta berpartisipasi dalam masyarakat literasi membaca Akmi ukur dalam hubungan dengan ragam bacaan dan format bacaan, domain kognitif dalam proses membaca, dan, konteks isi.

2. Literasi Numerasi

Literasi numerasi merupakan kemampuan yang perlu dimiliki seorang siswa dalam menganalisis dan memahami bacaan dengan menggunakan penalaran melalui pengaplikasian konsep hitungan dan pengukuran yang melibatkan angka atau simbol matematika dasar secara kontekstual baik bersifat abstrak maupun nyata. Dalam hal ini ditampilkan dalam berbagai representasi atau grafik atau tabel atau bagan atau representasi lainnya sehingga dapat digunakan untuk menginterprestasi prediksi dan atau mengambil keputusan.

3. Literasi Sains

Literasi sains merupakan kemampuan yang perlu dimiliki seorang siswa dalam menggunakan pengetahuan sains atau pengetahuan konten pengetahuan prosedural pengetahuan epistemik. Untuk menjelaskan fenomena secara ilmiah mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah serta menafsirkan data dan bukti secara ilmiah. Literasi science diukur dalam hubungannya dengan :

  • Kontest yang berkaitan dengan isu-isu personal lokal atau nasional dan global baik yang telah lalu maupun yang sedang terjadi yang menuntut pemahaman terhadap science dan teknologi.
  • Pengetahuan yang berkaitan dengan pemahaman terhadap fakta, konsep, dan teori yang mendasari pengetahuan sains dan pengetahuan Bagaimana gagasan tersebut dihasilkan.
  • Kompetensi yang berkaitan dengan kemampuan untuk memberikan eksplanasi terhadap fenomena secara ilmiah mengevaluasi merancang penyelidikan ilmiah dan menafsirkan data dan bukti secara ilmiah.

4. Literasi Sosial Budaya

Literasi Sosial Budaya Merupakan kemampuan yang perlu dimiliki seorang siswa untuk memahami menerima serta berpikir kritis dan reflektif dalam menyikapi realitas sosial maupun realitas budaya yang berbeda, serta menggunakannya untuk meningkatkan pengetahuan dan berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat.

Berapa Jumlah Soal AKMI

Pada pengerjaan contoh soal AKMI tergantung pada kebijakan yang di terapkan madrasah, biasanya contoh soal Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia berjumlah 40 soal, adapun betuk soal jawabannya obejektif :

  • Pilihan Ganda (hanya 1 jawaban benar)
  • Pilihan Ganda Kompleks (jawaban benar bisa lebih dari 1)
  • Menjodohkan
  • Isian singkat (angka, nama/benda yang sudah fixed)

Contoh Soal AKMI Madrasah

Contoh Soal AKMI Madrasah

Setelah mengetahui apa saja yang ada dalam soal AKMI Madrasah, selanjutnya penulis akan memberikan beberapa contoh soal AKMI Madrasah yang di sertai dengan kunci jawaban lengkap. Dari sejumlah contoh soal AKMI Madrasah ini, bisa di jadikan gambaran dalam mempersiapkan penyelenggaraan AKMI,

Contoh Soal AKMI Madrasah – 1

1. Doni sedang bermain kartu dengan angka 7,2,4. Kartu itu kemudian di susun dengan bilangan tiga angka yang memiliki nilai berbeda.Bilangan terkecil dari susunan angka yang telah dibuat Doni adalah ….

a. 247
b. 427
c. 724

Jawaban : C

Contoh Soal AKMI Madrasah – 2

2. Paman akan mengganti ubin dapur ibu dengan yang baru. Dapur ibu memiliki luas 4 m x 8 m. Ibu kemudian memilih ubin berukuran 40 cm x 40 cm. Maka, berapa ubin baru yang harus dibeli paman untuk mengganti ubin dapur ibu?

a. 20 ubin
b. 40 ubin
c. 200 ubin
d. 400 ubin

Jawaban : C

Contoh Soal AKMI Madrasah – 3

3. Perhatikan beberapa pernyataan berikut:

(i). Memiliki dua rusuk
(ii). Memiliki lima rusuk
(iii). Memiliki tiga sisi
(iv). Memiliki enam sisi

Di antara pernyataan diatas, mana yang merupakan pernyatan benar untuk bangun limas segi lima adalah ….

a. (i)
b. (ii)
c. (iii)
d. (iv)

Contoh Soal AKMI Madrasah – 4

Jawaban : D

4. Seorang tukang bangunan akan memasang keramik pada sebuah kolam renang berbentuk persegi panjang berukuran panjang 10 meter dengan lebar 4 meter yang di sekelilingi kolam bagian luarnya akan dipasang keramik. Jika lebar daerah yang dipasang keramik 50cm, maka luas seluruh keramik sekeliling kolam renang tersebut adalah ….

a. 15 m
b. 40 m
c. 55 m
d. 64 m

Jawaban : A

Contoh Soal AKMI Madrasah – 5

5. Taufiq ismail di Kota Bukittinggi, tanggal 25 Juni 1935. Masa kecil sebelum sekolah dilalui di pekalongan, Jawa Tengah.
Alasan yang tidak tepat penggunaan ejaan pada kalimat di atas yang tepat adalah?
a. Kalimat tersebut harusnya memakai tanda baca, tanda seru.
b. Nama diri serta nama kota harusnya menggunakan huruf kapital.
c. Nama diri seharusnya menggunakan huruf besar atau kapital.
d. Kalimat tersebut kurang sesuai penulisannya dengan struktur kalimat.

Jawaban: B

Download Contoh soal AKMI Madrasah

Selain contoh soal yang telah di bahas oleh penulis di atas, sekolahpesantren.id juga menyedikan kumpulan contoh soal lainnya dalam format berbeda. Para guru dan murid bisa mendownload nya dalam format PDF. Soal ini bisa di gunakan sebaik-baiknya guna mempersiapkan penyelenggaraan AKMI.

Tujuan AKMI Madrasah

AKMI di selenggarakan bertujuan untuk mengukur kompetensi peserta didik madrasah pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya. Berikut ini adalah tujuan dari Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) secara luas.

  • Untuk mendiagnosis kompetensi peserta didik serta tindak lanjut perbaikan pembelajaran.
  • Sebagai bahan pemetaan untuk mutu pendidikan di tingkat madrasah.
  • Sebagai Bahan untuk menyusun program intervensi kebijakan pemerintah dalam peningkatan mutu pendidikan madrasah.

Kesimpulan

Dari seluruh pembahasan contoh soal di atas, penulis berharap siswa mendapatkan gambaran materi dan kumpulan contoh soal AKMI Madrasad, di mana dari pembahasan ini bisa dijadikan sebagai persiapan ujian AKMI. Besar harapan kami agar kalian bisa mendapatkan nilai terbaik dalam ujian AKMI Madrasah. Demikian ulasan artikel sekolahpesantren.id yang dapat kami rangkum bisa membantu kalian dalam mempersiapkan ujian.